Jika Anda merasa gaptek soal komputer, jangan kuatir.
Bukan Anda saja yang merasa demikian. Jim Cartlon, seorang jurnalis Wall Street
Journal, mengumpulkan keluhan dari para konsumen komputer
Amerika. Dan ternyata keluhan mereka jauh lebih "idiot" daripada yang
kita kira. Berikut petikan keluhan2 konsumen yang super konyol itu:
1. Compaq pernah
mempertimbangkan untuk mengubah perintah "Press ANY Key" menjadi
"Press ENTER Key" dikarenakan banyaknya telefon yang menanyakan letak
tombol "ANY" di keyboard.
2. AST Technical
Support menerima laporan konsumen karena kesulitan menggunakan mouse. Saat
Techinal Support berkunjung, mereka menemukan mouse tersebut tidak bisa
digunakan... arena masih terbungkus rapi di dalam plastiknya. Penggunanya
(seorang wanita) punya phobia (ketakutan) pada mouse (tikus) sehingga tidak
berani mengeluarkannya dari dalam plastik.
3. Di tahun
1980-an, ketika disket masih berukuran besar, Teknisi Compaq pernah menerima
keluhan seorang konsumen yang disketnya tidak terbaca oleh drive-disk komputer.
Setelah diselidiki, ternyata konsumen itu sebelumnya memasukkan disket ke dalam
mesin tik dan mengetikkan label yang tertempel di disket itu.
4. Sebuah
keluhan lain dari konsumen AST yang mengatakan disket mereka terkena virus yang
sulit dibersihkan. Petugas AST meminta orang itu mengirimkan kopi disket yang
terinfeksi itu untuk dipelajari. Beberapa hari kemudian, petugas AST menerima
foto kopi disket dari konsumen tersebut.
5. Seorang
konsumen DELL mengeluhkan kalau dia tidak dapat mengirimkan fax via komputer.
Setelah diarahkan selama 40 menit lewat telepon, petugas DELL menemukan kalau
konsumen itu mencoba mengefax via komputer dengan cara menempelkan kertas yang
akan di fax di depan monitor.
6. Seorang
konsumen DELL lain mengeluh karena keyboard yang digunakannya sudah tidak bisa
berfungsi sejak dibersihkan. Ketika ditanya caranya membersihkan keyboard, dia
menjelaskan, "Saya mencuci dan menggosok semua bagian keyboard dengan
sabun, lalu membilasnya dengan air, dan menjemurnya.
7. Seorang
konsumen DELL marah besar karena tidak bisa menyalakan komputer yang baru
dibelinya. "Semua sudah terpasang dengan baik. Tapi setiap kali saya tekan
pedal kaki , tidak terjadi apa-apa." Setelah diselidiki ternyata
"pedal kaki" yang dimaksud orang itu adalah: mouse.
8. Seorang lagi
konsumen DELL marah besar karena komputer barunya tidak nyala. Dia menjelaskan
semua sudah terpasang dengan benar, dan ketika dia menunggu selama 20 menit,
tidak terjadi apa-apa pada komputernya. Ketika teknisi DELL menanyakan apakah
"power switch" sudah dinyalakan, dia balik bertanya, "Power
switch itu apa?"
9. Berikut
adalah tanya-jawab antara petugas Novell NetWire dengan seorang konsumen:
Penelepon: Hallo, dengan Tech Support?
Novell : Ya, bisa dibantu?
Penelepon: Tatakan gelas di PC saya patah. Apa mungkin
saya bisa menggantinya?
Novell : Tatakan gelas ? Apakah itu hadiah
saat Anda membeli komputer?
Penelepon: Tidak. Tatakan gelas ini sudah ada di
komputer saya. Dan ketika saya meletakkan gelas saya di atasnya, tatakan itu
patah. Yang saya ketahui, di bagian depan tatakan itu ada tulisan "CD-ROM,
16X".
(Saat itu juga, petugas Novell langsung mematikan telepon
dan tertawa terpingkal-pingkal)
- Sumber: Suara Merdeka 6 Desember 2006 -
0 komentar:
Post a Comment