Eka Aris Al Rosyid

Sebuang ungkapan rasa

"Peta" Uang [2/2]

Leave a Comment
Assalamu'alaikum...

Malem s'muaaaaa...!!!
Gimana kabarnya hari ini? Saya harap s'mua seperti saya. SELALU baik, sehat dan waras. Tsaahh..

Ok. Ceritanya saya pengen ngelanjutin tulisan nih. Tulisan semalem yang terputus. Tapi sebelumnya, saya kasih satu lirik. Lirik lagu pagi ini yang saya puter. Judulnya "Stand Up (For The Champion)", punyanya Right Said Fred. Ok cekidot....
I was built to be the best
Number one and nothing less
Lead me to my destiny
I have waited patiently
I have vision though i believe
I know i can count on me

Here we go it’s getting close
Now it’s just who want it most
It’ just life that’s how it is
Cause we have our strengths and weakness’s
Oh i have vision oh can’t you see
I’m on the move make way for me

And when i fall down
I have to pick myself back up
And when i fall down
I have to pick myself back up
And when i fall down
I have to pick myself back up
And when i fall down
I have to pick myself back up
*Bagian chorus-nya saya hapus. Gimana lagunya.? Buat saya menggugah semangat tuh. Ningkatin percaya diri. Ciieeee emangnya saya dan kalian minder? Setidaknya ngembalikan keyakinan diri. Kembali ke tempat semestinya. Semua bisa dilakukan. Asal kita yakin dan ga' gampang nyerah. Termasuk soal "mungutin" uang di internet.

Ok, kita lanjutkan ke poin selanjutnya.


B. Blog atau Website
Blog itu GRATIS. Sama seperti halnya twitter. Saat ini yang populer adalah Blogger dan Wordpress. Nah karena gratis, hak-haknya terbatas. Jika penyedia ga suka, blog bisa ditutup kapanpun, tanpa pemberitahuan. Blog itu ibarat toko. Kita bisa majang apa saja di blog. Kita bisa dapet duit darinya. Duit dari barang2 yang kita jajakan. Bisa juga dari space iklan yang kita sediakan. Namun ingat, kita cuman numpang. Karena numpang, jangan marah bila tiba-tiba diusir. Pilih Blogger atau Wordpress.? Semua terserah anda. Masing-masing hadir dengan kelebihan dan kekurangan. Dan itu tidak saya bahas di sini.
Jika numpang aja bisa ngehasilin duit, kenapa ga punya toko sendiri? Dan toko itu bernama Website. Ga perlu jadi jagoan TI untuk punya website. Jagoan TI dibutuhin cuman buat ngedesain. Coz sekarang udah serba instan. Semua udah disediakan. Cuman butuh sedikit waktu luang. Dan juga kamus bahasa Inggris. Ha ha ha..

Jika Blog gratis maka Website berbayar. Jika Blog adalah toko numpang, maka Website adalah toko milik sendiri. Bikin Website butuh Domain dan Hosting. Domain diibaratkan sebagai alamat toko. Adapun Hosting diibaratkan sebagai luas toko. Untuk domain butuh Rp 100.000 per tahun. Harga ini udah termasuk yang paling mahal. Kalo biaya hosting Rp 550.000 per tahun, tergantung kapasitasnya.

Saat ngebahas ini, bang Ali Akbar sedikit menyinggung bisnis domain. Beliau menganjurkan agar kita bisa hidup di dua dunia sekaligus, dunia nyata dan dunia maya. Jika anda eksis di dunia nyata, maka eksis-lah di dunia maya. Tapi jangan sekedar eksis di Sosial Media saja. Setidaknya amankan domain atas nama anda. Banyak tokoh terkenal yang tidak memiliki website atas namanya sendiri. Dan ini bisa jadi peluang bisnis. Caranya... belilah domain atas nama tokoh-tokoh terkenal. Begitu mereka melek TI, dan ingin punya website sendiri, voilla.. nama mereka sudah ada yang punya dan itu anda. Jika mereka ingin mendapatkan namanya kembali, mereka HARUS MEMBELI-nya dari ANDA. Berapa harga jualnya..? Terserah anda. Dari modal seratus ribu, anda bisa dapat untung bahkan mencapai 1000%. Tergantung nama siapa yang anda kuasai. Ssttt.. tau nggak? Ada lima profesi yang namanya sering dibeli di internet. Kelimanya adalah POLITIKUS, ARTIS/ATLIT, ROHANIAWAN, PUBLIK SPEAKER, PENULIS BUKU dan judul-judul bukunya. Tapi ingat, JANGAN PERNAH membeli domain atas nama PERUSAHAAN, INSTANSI dan MERK DAGANG, karena anda bisa dituntut. Kalo nama orang masih aman, 'coz lom ada UU yang ngatur.


C. Afiliasi
Afiliasi itu apa? Mengutip dari bukatokoonline.net, dalam pengertian Bahasa Indonesia yang disempurnain, merupakan kerjasama antara dua lembaga yang masing2 berdiri sendiri. Namun di bisnis online, pengertiannya adalah menjadi pemasar produk (marketer) dari perusahaan pemilik produk, dan hanya dibayar setelah produk terjual. Dengan kata lain menjadi MAKELAR ONLINE.

Untuk menjadi makelar online, butuh website pribadi. Minimal punya blog. Poin C ini sangat berkaitan dengan poin B sebelumnya. Juga berkaitan erat dengan Optimasi Mesin Pencari (SEO). Website ato blog dibutuhin buat majang banner iklan dari pemilik produk. Bisa juga majang nama dan no HP anda sebagai sang makelar. SEO dibutuhin agar website ato blog kita berada di urutan pertama, ato minimal halaman pertama hasil pencarian di eyang Google.

Urutan logisnya seperti berikut:
Konsumen punya masalah ---> biasanya googling ---> hasil googling nemu nama dan no HP anda sbg Marketer ---> Konsumen order ke Marketer ---> Marketer order ke produsen ---> Produsen kirim barang ke Konsumen.
Dan taraaaaa... semua berbahagia. Konsumen terpenuhi kebutuhannya. Produsen dapet order tiba2 dari konsumen antah berantah. Dan anda, sang marketer alias makelar dapet komisi yang lumayan dari Produsen.

Nah ntu tadi Afiliasi secara sederhana. Intinya kita jadi jembatan penghubung antara konsumen dengan produsen. Peluangnya masih besar. Coz masih banyak produsen yang belum melek internet. Mereka cuman eksis di dunia nyata. Mulai sekarang mari menjadi MARKETER. Bang Ali Akbar menyebutnya sebagai MARKETING, MAKELARin EVERYTHING.

==========================================================

Ok guys... sepertinya saya cuman bisa nyampein tiga poin aja. Untuk "mesin pencari" dan "artikel", rada bingung saya. Mo nulisnya gimana. Hasil coretan saya rada berantakan. Saya ngerti dikit lah apa yang disampaikan bang Ali Akbar. Tapi rada mubeng kalo disampekan ulang.
Gimana guys? Udah mutusin mo make "peta" yang mana? Atau punya "peta" lain yang berkenan dibagi.?

Semoga ada manfaatnya. Sekian dan terima kasih.

Wassalam...
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment