Eka Aris Al Rosyid

Sebuang ungkapan rasa

"Peta" Uang [1/2]

Leave a Comment
SEO alias Search Engine Optimization, udah lama banget saya denger istilah ini, bahkan saya pun pernah beli satu buku tentang SEO, yang kini entah di mana rimbanya. Pengertian saya tentang SEO waktu itu "cara-cara yang ditempuh agar blog ato website kita berada pada halaman pertama hasil pencarian mbah Google". Nah.. dengan brada di halaman pertama, kemungkinan website or blog kita dikunjungi akan makin gede, dan dengan gedenya trafik yang masuk ke sana maka akan mempermudah blog or website kita lolos di AdSense-nya mbah Google. Sampe hari minggu, 17 Februari kemaren, di otak saya cuman ada hubungan antara SEO dengan AdSense, ga ada yang laen, titik dan ga make koma.

Namun..."semua berubah ketika negara api menyerang", halah.. opo tho iki..? Semua berubah setelah saya ngikutin seminarnya bang Ali Akbar @pakarseo. Walaupun cuman nunjukin kulitnya doank, tapi itu semua udah lebih dari cukup buat ngebuka mata saya, ngebuka telinga saya, ngebuka pemahaman saya, ga hanya sekedar ngebuka, tapi ngebuka lebar lebaaaaar!!!. Bahwa sumber duit di internet itu ga cuman dari AdSense. Masih ada puluhan sumber laenan. Dan ini pun menggelitik keingintahuan saya untuk terjun bebas ke dalamnya.

Kemaren bang Ali Akbar nunjukin 10 peta uang di internet dari 73 sumber yang ada. bahkan beliaunya berkenan menjelaskan 5 diantaranya. 10 Peta Uang di Internet tersebut antara lain:

  • E-mail
  • Video
  • Messenger
  • Blog/website
  • Afiliasi
  • Media Sosial
  • Artikel
  • Domain
  • Hosting, dan
  • Mesin Pencari
Adapun 5 sumber yang beliau singgung kemaren adalah Media Sosial, Blog/Website, Mesin Pencari, Afiliasi, dan Artikel. Berikut akan coba saya sampaikan apa yang berhasil saya rangkum kemaren, emang jauh banget dari sempurna sih, dan juga akan bikin anda jago. Tapi lumayanlah, buat dijadikan kisi-kisi, anda bakalan fokus di mana dan mulai dari mana.


A. Sosial Media
Saat seminar bang Ali Akbar fokus pada satu SosMed, yaitu Twitter. Beliaunya bertanya pada para peserta seminar "siapa di ruangan ini yang punya akun twitter?". Hampir seluruh peserta mengangkat tangannya. "Yang punya twitter, pinter" ujar beliau. "Dia antara yang punya akun twitter, siapa yang akun twitternya menghasilkan uang?" tanya beliau kembali. Kalo ga salah cuman ada dua ato tiga yang tetep ngangkat tangannya. "Yang tetep angkat tangan berarti cerdas, dan yang ga punya akun twitter, hare geneeee ga punya twitter?" ujar bang Ali Akbar disambut gelak tawa peserta seminar.
Akun Twitter itu GRATIS dan gampang bikinnya, cuman modal e-mail doang, dan ini pun GRATIS. Tapi, dari akun twitter yang gratisan tsb, bisa ngasilin duit ratusan ribu, jutaan bahkan ratusan juta. Bang Ali Akbar ngasi contoh akun twitter-nya @Poconggg@iniWanita dan @MotivaTweet. Semua berawal dari ide kreatif, ketekunan, nemen-nemeni (bhs jawa; mempersungguh). Kini mereka bertiga memiliki follower dan penghasilan berlimpah. Pundi-pundi rupiah bahkan dollar mereka terisi berkat iklan, buku dan sponsor.

Sstttt... anda tau nggak..? Di balik akun @iniWanita ternyata bukanlah seorang wanita, melainkan seorang pria tulen yang sangat penasaran dengan segala sesuatu tentang wanita. Dia baca buku, majalah, koran dan browsing info tentang wanita, lalu di tweet ke twitter. Trus... ternyata follower2nya @MotivaTweet, bahkan Panglima Jendral-nya sendiri, si Achie, yang mewakili @MotivaTweet buat wawancara di koran, majalah, radio dan tv belom pernah sekalipun ketemu dengan sosok di balik @MotivaTweet.

So...mulailah dari sekarang. Buat akun twitter sebanyak-banyaknya. Mumpung Gratis. Cari ide kreatif. Temukan akun yang UNIK. Akun yang mengundang penasaran. Ingat, PENASARAN = PEMASARAN.



<--------------------------- To be continued -------------------------->
Maap ni ya...., tulisannya saya lanjutin di lain kesempatan.
Kelopak mata udah mulai memberat ini.
Mengajak beranjak ke peraduan.
^_^

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 komentar:

Post a Comment